14 March 2012

Mimpi: Duduk di antara nenekku dan alm kakekku.

Aku belum sempat pulang kampung dari tempat rantauanku, dan belum sempat berkunjung ke makam kakekku (akupun tak hadir di acara pemakaman)
Dan hanya bisa telpon2 dgn keluargaku. Dan aku di beritahu bahwa nenekku sakit.


Dalam mimpi aku melihat nenekku tertawa2, walau di hadapannya ada kakekku (ala mak! kakekku bukan dgn penampilan beliau di masa tua, tetapi beliau di masa muda) - tapi sepertinya nenek tak melihatnya.
kakekku hanya tersenyum melihat nenek seperti yng sedang bersenda gurau.

tak lama aku ada duduk di sebelah nenek (seperti sebelumnya beliau sepertinya tak melihat aku ataupun kakek). nenek tetap acuh, walau aku duduk di sampingnya.  lalu kakek menghampiri kami dan duduk di sampingku.  Aku tanya beliau, ngapain kakek ada disini, kalo kakek disini tuk jagain nenek sih ga apa2, tapi kalo kakek mau ganggu mending pergi aja, kasihan nenek dia sepertinya rindu ma kakek. belum waktunya kek untuk jemput nenek, ntar aja gih kakek pergi dulu.

kakekku menatapku dgn senyuman, aku cemberut terus sambil bilang, pokona kakek ga boleh jemput nenek, ntar aja... kakek tetep tersenyum...

aku terbangun ...

Alam nyata:
Esok siang hari aku telp adikku, seperti biasa suka menceritakan ttg mimpi jika itu menyangkut keluarga juga tuk menanyakan keadaan keluargaku. aku ceritakan mimpiku dan meminta adikku tuk mulai ajak bicara nenek agar beliau bisa bercerita ttg kakek - karena menurutku neneksangat rindu pada kakek sampai beliau sakit.

Adikku sedikit kaget mendengar mimpiku karena dirumah nenek masih sakit, dan skr suka pergi ke kebun, nah di kebun ini spertinya nenek ngobrol and becanda dgn entah siapa (ga terlihat), tapi beliau suka ketawa2 sendiri ... beliau kalo pergi kesana pasti pas mau azan Dzuhur.

ya wajar saja nenekku rindu, karena sehari2nya beliau selalu bersama kakek dari mereka pensiun selalu bersama, sampai jualan pun barengan, masak etc barengan.  makanya beliau sangat kehilangan ketika kakek berpulang.

Karena mungkin di rumah sibuk dan perubahan siapa tinggal dgn siapa semua harus diuruskan, sehingga mungkin nenek merasa sepi dan sendiri.  akhirnya sedikit demi sedikit adikku mencoba tuk bicara pada nenek, juga aku kalau telp suka bicara pada nenek dan mencoba beliau cerita ttg masa kecilku (karena aku selalu dgn nenek dan kakek di masa kecil).  kita selalu tertawa2 di telpon, alhamdulillah beliau berhenti pergi ke kebun.

Mungkin kakek datang di mimpi, tuk mengingatkan kami jangan lupa nenek yng sedang sedih karena kehilangan beliau.


January 2008

Bless my abah's soul ... amin

No comments:

Post a Comment